Teks Iklan ; Pengetian, Jenis, Struktur, Kaidah Kebahasaan

PERTEMUAN KESATU

KELAS XII 

SEMESTER GENAP

MATA PELAJARAN BAHASA INDONESIA



Pengertian Teks Iklan

Teks iklan adalah media yang digunakan untuk mempromosikan barang atau jsaa kepada masyarakat yang disajikan dengan menarik untuk memengaruhi masyarakat agar mengenali, membeli, atau menikmati barang atau jasa tersebut.

Tujuannya untuk memperkenalkan suatu produk, baik barang maupun jasa kepada masyarakat, guna menarik perhatian masyarakat untuk mengenali, membeli, hingga mengomsumsi atau menggunakan produk yang diiklankan. 

Persaingan di bidang iklan memang semakin tajam sejak adanya televisi. Namun, media cetak tetap memiliki pangsa pasar tersendiri dan tetap menjadi target produsen dalam mengiklankan produknya.

Mengenal Jenis dan Struktur Isi Teks Iklan

Dalam sebuah iklan terdapat unsur-unsur pembangunan sehingga iklan menjadi menarik perhatian dan memengaruhi para pembacanya .

Unsur-unsur iklan:

  1. Attention (perhatian). Iklan yang baik harus dapat menarik perhatian masyarakat umum.
  2. Interest (minat). Setelah mendapat perhatian, maka harus ditingkatkan menjadi minat sehinga timbul rasa ingin tahu secara terperinci dalam diri konsumen.
  3. Desire (keinginan). Suatu cara mengerakan keinginan suatu konsumen.
  4. Conviction (rasa percaya). Untuk mendapat rasa percaya dalam diri konsumen, maka sebuah iklan harus ditunjang berbagai kegiatan peragaan seperti pembuktian atau sebuah kata-kata.
  5. Action (tindakan). Tindakan merupakan suatu tujuan akhir dari produsen untuk menarik konsumen agar membeli atau menggunakan produk dan jasanya.

Iklan dapat berupa reklame, poster, slogan, dan sebagainya. Iklan bisa ditemukan di media, baik cetak, elektronik, maupun sosial. Bahasa yang digunakan dalam iklan mengandung fakta dan opini. Fakta merupakan peristiwa nyata, sedangkan opini adalah pernyataan untuk menarik minat pembeli .

Bentuk retoris adalah penggunaan kata-kata dalam bicara dan menulis untuk menyakinkan atau mempengaruhi penyimak atau pambaca. Gaya retoris sangat menentukan keberhasilan suatu iklan .

Struktur isi teks iklan ada 3, yaitu orientasi, tubuh iklan, dan justifikasi.


  • Orientasi, berisi perkenalan dari iklan itu sendiri yang di dalamnya terdapat teks atau kata-kata yang merupakan perkenalan dari iklan itu sendiri.
  • Tubuh iklan, berisi inti dari iklan itu sendiri yang di dalamnya berisi iklan atau topik yang disampaikan kepada permirsa .
  • Justifikasi, berisi penjelasan atau keterangn lebih lanjut tentang sebuah iklan seperti alamat, alamat web, nomor telepon, email, media sosial resminya, dan sebagainya.

Unsur kebahasaan teks iklan /fitur bahasa

Fitur bahasa teks iklan: kalimat persuasif, kalimat slogan, subjek orang pertama dan menggunakan gambar yang menarik

Kalimat persuasif

Kalimat persuasif merupakan kalimat yang berisi ajakan atau anjuran dengan tujuan membujuk pembaca agar mau menjalankan atau menerima sesuatu atau hal yang peulis katakan.

Kalimat slogan

Kalimat sloga diperlukan agar iklan menjadi menarik dan mencolok, sehingga mudah diingat oleh pembaca.

Subjek Orang Pertama

Menggunakan subjek orang pertama jamak tau tunggal menjadi kami, saya atau aku untuk mengganti pihak atau pelaku yang memasang iklan.

Menggunakan gambar yang menarik

Menggunakan gambar pada produk yang ditawarkan akan menarik minat pembeli.

________________________

TUGAS DARI BU MASITA

  • Silahkan baca dengan teliti materi diatas.
  • Buatlah peta pikiran atau peta konsep atau sering juga disebut maind map tentang teks iklan di buku catatan kalian masing-masing.
Jangan lupa tulis nama kalian spasi keterangan hadir di kolom komentar sebagai bukti kalian mengikuti pembelajaran daring hari ini.