Asesmen Kompetensi Minimum, Apa Itu?
Asesmen Kompetensi Minimum, Apa Itu-Sebagaimana yang kita dengar bersama bahwa pemerintah akan meniadakan ujian Nasional di tahun 2021. Namun, karena pandemi covid-19 yang memporakpondakan tatanan negara, ujian nasional sudah ditiadakan dari tahun 2020. Efeknya, lulusan tahun 2020 semua jenjang tidak mendapat Surat Keterangan Hasil Ujian Nasional (SKHUN).
Namun, di tahun 2021 ini pemerintah menyiapkan Asesmen kompetensi Nasional (AKM) sebagai tolak ukur pemerintah dalam memetak kan kualitas pembelajaran di Indonesia. Sekilas, AKM ini tanpa seperti pengganti UN karna AKM muncul setelah UN di tiadakan, namun jika ditelaah lebih jauh, AKM bukanlah pengganti UN. Karena mulai dari materi, cara pengambilan nilai dan sasarannya sangat berbeda dengan UN. Berikut penjelasan lebih detail tentang perbedaan AKM dan UN.
Perbedaan AKM dan UN
- Sasaran
UN menyasar siswa di kelas paling tinggi yaitu kelas VI, IX, dan XII sedangkan AKM menyasar siswa di kelas terngah, yaitu kelas V, VIII, dan XI. - Mapel Ujian
Mata pelajaran UN adalah Matematika, Bahasa Inggris, Bahasa Indonesia, dan Mapel kejuruan. Sedangkan mapel AKM adalah Numerasi dan Literasi. - Peserta Ujian
Peserta Ujian Nasional adalah seluruh siswa yang berada di kelas sasaran, sedangkan Peserta ujian AKM adalah sampel siswa dengan maksimal peserta tiap sekolah tak lebih dari 45 orang. Apabila di satu sekolah ada 100 siswa, maka kemendikbud akan memilih 45 siswa secara acak untuk mengikuti AKM. - Bentuk Soal
Seperti yang kita tau, bentuk soal Ujian Nasional hanyalah pilihan ganda, sedangkan bentuk soal AKM lebih beragam yaitu pilihan ganda, pilihan ganda komplek, benar-salah, menjodokan dan uraian. - Penilaian
Nilai Ujian Nasional adalah nilai individu siswa, sedangkan nilai AKM adalah nilai keseluruhan. Bentuknya pun bukan angka melainkan persentase dan predikat.
Sebenarnya selain AKM kemendikbud juga menyiapkan survei, yaitu survei karakter dan survei lingkungan belajar. Survei ini tidak hanya di isi oleh siswa, melainkan juga diisi oleh guru dan kepala sekolah
Jika kalian siswa, maka berbahagian karna saya akan memberikan soal AKM sebagai bahan latihan kalian dirumah lengkap dengan kunci jawabannya. Ikuti terus blog ini untuk mendapatkan info terbari seputar AKM dan dunia sekolah lainnya.
Contoh Soal AKM Kelas X Semester Genap
1 |
Mengapa ekonomi Indonesia tumbuh minus 2,07%? A.
Karena Indonesia kurang bisa memanfaatkan potensi
alamnya B.
Karena justru sektor impior -14,71% dibanding ekspor
yang hanya -7,70% C.
Karena ekonomi Indonesia terkena resesi akiba Covid 19
pada triwulan I dan II D.
Karena hampir semua pertumbuhan PDB menurut pengeluaran
berstatus minus. E.
Karena pandemi
Covid 19 membuat ekonomi Indonesia mengalami resesi |
||||||||||||||||||||
2 |
Teks negosiasi
sangat erat kaitannya dengan bidang ekonomi. Berdasarkan infografis tersebut,
Indonesia bisa meningkatkan pertumbuhan ekonomi dengan melakukan negosiasi
dan lebih intensif lagi pada bidang… A.
Konstruksi B. Informasi dan komunikasi C.
Perdagangan D.
Pertambangan dan penggalian E.
Pertanian |
||||||||||||||||||||
3 |
Infografis di atas
memuat beragam informasi yang penting. Tentukan benar atau salah pernyataan-pernyataan
yang diambil dari infografis tersebut!
|
||||||||||||||||||||
4 |
Kapan waktu yang tepat untuk melakukan riset gaji dan posisi yang sesuai? A.
Ketika pewawancara menanyakan besaran gaji yang
diinginkan B.
Ketika sudah diterima bekerja di perusahaan C.
Ketika akan
melakukan wawancara kerja D.
Ketika proses wawancara sedang berlangsung E.
Ketika hendak melakukan negosiasi gaji |
||||||||||||||||||||
5 |
Berdasarkan
infografis tersebut, kalian bisa memeroleh gambaran bagaimana melakukan
negosiasi gaji ketika wawancara kerja dengan pihak penguji. Pernyataan berikut
yang tidak sesuai dengan isi infografis adalah…. A.
Berpikir menjadi
bos berarti menempatkan diri sebagai pihak yang berkuasa B.
Riset diperlukan untuk mengetahui kesesuaian gaji dan
pekerjaan C.
Sikap profesional bisa membantu mencapai tujuan D.
Aktif ketika diwawancarai menjadi nilai tambah pelamar
kerja E.
Memiliki pola pikir yang bernilai demi kemajuan perusahaan
perlu dilakukan |
||||||||||||||||||||
6 |
Perhatikan kutipan teks
negosiasi berikut!
Topik yang tepat
untuk teks negosiasi tersebut adalah.... A.
Perwakilan karyawan dan pengusaha. B.
Kemarahan karyawana terhadap pengusaha. C.
Pengusaha tidak mau bertemu dengan karyawan. D.
Kekesalan karyawan terhadap kenaikan upah. E.
Keinginan
karyawan terkait kenaikan upah. |
||||||||||||||||||||
7 |
Bacalah dialog berikut
dengan saksama! (1)
Penumpang : “Bang, ke Pasar Wage berapa?” (2)
Ojek : “20ribu, Mas.” (3)
Penumpang : “Kok mahal amat Bang, kan deket tuh di
situ, 10 ribu aja ya.” (4)
Ojek : “Aduh, itu kemurahan, enggak nutup uang bensin
atuh.” (5)
Penumpang : “Iya deh iya Bang, saya tambah 2 ribu biar
jadi. 12ribu ya. Bagaimana?” (6)
Ojek : “Tambah 3 ribu lagi deh, langsung capcusss.” (7)
Penumpang : “Okelah Bang, saya setuju, antar saya ke
Pasar Wage.” Kalimat pengajuan
ditunjukkan nomor ... A.
(1),(2) B.
(2),(3) C.
(3),(4) D.
(3),(5) E.
(5),(6) |
||||||||||||||||||||
8 |
Cermati dialog berikut! (1) Anak : “Ayah, setelah
lulus nanti, aku mau sekolah di SMA.” (2) Ayah : “Kenapa di
SMA, Nak? Padahal, Ayah ingin kamu sekolah di SMK.” (3) Ayah : “Kok di SMK?
Kenapa memangnya Ayah, jika aku sekolah di SMK?” (4) Ayah : “Begini Nak,
di SMK itu lulusannya bisa langsung bekerja.” (5) Anak : “Oh, gitu yah,
iya aku setuju.” (6) Ayah : “Baguslah
kalau kamu setuju.” Kalimat persuasif
terdapat pada kalimat nomor ... A.
(1) B.
(2) C.
(3) D. (4) E.
(5) |
||||||||||||||||||||
9 |
Bacalah ilustrasi
berikut! Zahwa pergi ke
mall bersama ibunya. Zahwa berniat
pergi ke toko buku sedangkan ibunya ingin mengunjungi booth kecantikan. Kedua
tempat yang akan mereka kunjungi sedang mengadakan diskon dalam waktu yang
terbatas. Berdasarkan
ilustrasi di atas, teks negosiasi yang terbentuk adalah ... A.
Negosiasi surat B.
Negosiasi pemecahan masalah C.
Negosiasi jual-beli D.
Negosiasi sebab akibat E.
Negosiasi penawaran jasa |
||||||||||||||||||||
10 |
Cermati deret data
berikut! (1) Penawaran (2) Orientasi (3) Pengajuan (4) Penutup (5) Persetujuan Urutan struktur
teks negosiasi berdasarkan deret data di atas yang benar ialah .... A.
(1)-(2)-(3)-(4)-(5) B.
(1)-(3)-(2)-(5)-(4) C.
(1)-(3)-(5)-(2)-(4) D.
(2)-(1)-(3)-(5)-(4) E.
(2)-(3)-(1)-(5)-(4) |
||||||||||||||||||||
11 |
Bacalah dengan
saksama penggalan teks debat berikut! Dewasa ini bahasa
Indonesia terus berkembang dan mulai diakui sebagai bahasa Internasional.
Namun, dalam perkembangannya, terbukti bahwa bahasa Indonesia banyak menyerap
kosakata asing. Untuk berkembang, bahasa Indonesia sangat tergantung pada
Bahasa Asing. Bahkan ada yang beranggapan bahwa kosakata bahasa asing masuk
kedalam penggunaan Bahasa Indonesia karena ketidakberdayaan bahasa Indonesia
dalam interaksi antarbahasa. Anggaplah inilah yang akan kita bahas dalam
debat kali ini… Ilustrasi di atas
merupakan paparan yang diucapkan oleh... A.
Tim afirmasi B.
Tim oposisi C.
Tim netral D. Moderator E.
Notulis |
||||||||||||||||||||
12 |
Perhatikan
penjelasan berikut! Debat adalah
proses saling bertukar pendapat untuk membahas setiap Isu dengan masing
–masing pihak yang berdebat memberi alasan, bila perlu ditambah dengan
Informasi, bukti, dan data untuk mempertahankan pendapat masing-masing. Mungkin sebagian dari kita berfikir bahwa
debat merupakan kegiatan mematahkan pendapat lawan. Sebenarnya debat adalah
bagaimana cara kita (debater) membuat orang lain.... Klausa yang tepat
untuk melanjutkan penjelasan tersebut adalah…. A.
membela kita dengan sepenuh hati B.
memberikan yang terbaik untuk kita C. terpengaruh dan setuju dengan argumen yang disampaikan D.
membuat audiens terpukau karena kita mampu menjatuhkan
lawan debat E.
membuat lawan debat mengamuk karena kalah |
||||||||||||||||||||
13 |
Perhatikan
penggalan teks debat berikut! Saya tidak setuju
jika kosakata bahasa asing yang masuk ke dalam penggunaan bahasa Indonesia
terjadi karena ketidakberdayaan bahasa Indonesia dalam interaksi antarbahasa.
Kosakata bahasa asing masuk ke dalam bahasa Indonesia hanya digunakan sebagai
persamaan kata yang bagi sebagaian orang lebih mudah dipahami. Namun pada
intinya dalam bahasa Indonesia itu sendiri, telah ada kosakata yang berkaitan
dengan kosakata asing tersebut. Dilihat dari
isinya kutipan tersebut menunjukkan posisi pembicara sebagai pihak.... A.
Tim afirmasi B. Tim oposisi C.
Tim netral D.
Moderator E. Notulis |
||||||||||||||||||||
14 |
Perhatikan kutipan
berikut! Menurut saya
tawuran antarpelajar tidak saja terjadi karena karakter anak-anak yang
cenderung brutal. Lebih dari itu, tawuran terjadi karena anak-anak mendapat
teladan yang kurang baik dari para pemimpin bangsa yang sibuk saling berebut
kekuasaan dan saling menghujat. Televisi dan internet pun dengan bebas
menyajikan berbagai aksi brutal yang membuat anak-anak tergoda untuk meniru. Kutipan di atas
termasuk teks debat karena.... A.
kalimatnya panjang dan detail B. berisi penyampaian pendapat disertai sudut pandang
(setuju/tidak) C.
berisi pendapat tentang adanya tawuran antarpelajar
karena tontonan di televisi D.
kalimat yang disampaikan bernada tinggi dan dipenuhi
luapan emosi E.
isinya membahas tentang topik yang layak untuk
diperdebatkan |
||||||||||||||||||||
15 |
Diskusi tidak sama
dengan debat. Diskusi tidak harus mempunyai dua pihak/lebih yang memiliki
sudut pandang berbeda, sedangkan debat pastilah terdapat pihak yang ....
pemikiran. A.
menyampaikan B.
berubah C.
mengutarakan D.
berkompromi E.
berbeda |
Terimakasih sudah mampir.