TUGAS WALI KELAS : DESKRIPSI PENILAIAN KARAKTER E-RAPORT SMK
TUGAS WALI KELAS : DESKRIPSI PENILAIAN KARAKTER E-RAPORT SMK memang bukanlah hal sulit seperti tugas administrasi guru lainnya. Namun, ini cukup menyita waktu wali kelas saat mengerjakannya, terlebih jika diburu dedline yang mepet. Wali kelas harus menginput satu persatu, dan tiap nama peserta didik ada sekitar lima penilaian karakter yang harus diisi. Belum lagi tentang catatan wali kelas terhadap perkembangan karakter peserta didik. Wali kelas dituntun untuk lancar menulis dan mengolah kata yang baik, sehingga pesan bisa tersampaikan dengan baik.
Disini, saya menawarkan contoh Deskripsi Penilaian Karakter yang bisa digunakan wali kelas untuk memudahkan dan mempercepat pekerjaannya. Tentu contoh yang saya bagikan bukanlah sesuatu hal yang mutlak dan harus di ikuti, namun contoh deskripsi penilaian karakter ini diharapkan bisa memberi gambaran hal-hal apa saja yang harus dilakukan wali kelas. Terkhusus untuk guru yang baru menjabat sebagai wali kelas, artikel ini akan sangat membantu anda.
Penilian karakter sendiri adalah penilaian terhadap peserta didik dengan memperhatikan beberapa indikator dalam bersikap. yaitu sikap integritas, sikap religius, sikap nasionalis, sikap mandiri, sikap gotong royong. Untuk memudahkan pemberian deskripsi pada tiap indikator nilai, ada baiknya wali kelas telah memiliki predikat nilai kepada masing-masing peserta didik. Predikat nilai yang dimaksud adalah Sangat baik, baik, cukup, dan kurang.
Baiklah, berikut contoh deskripsi penilaian karakter E-Raport SMK:
INTEGRITAS
SANGAT BAIK |
Ananda memiliki sikap yang sangat baik dalam nilai integritas, meliputi kejujuran, keteladanan, kesantunan, dan cinta kepada kebenaran |
BAIK |
Ananda memiliki sikap yang baik dalam nilai integritas, meliputi kejujuran, keteladanan, kesantunan, dan cinta kepada kebenaran |
CUKUP |
Ananda memiliki sikap yang cukup baik dalam nilai integritas, meliputi kejujuran, keteladanan, kesantunan, dan cinta kepada kebenaran |
KURANG |
Ananda memiliki sikap yang kurang dalam nilai integritas, meliputi kejujuran, keteladanan, kesantunan, dan cinta kepada kebenaran |
RELIGIUS
SANGAT BAIK |
Ananda memiliki sikap yang sangat baik dalam nilai religious meliputi beriman, bertaqwa, bersih, toleransi, dan cinta lingkungan |
BAIK |
Ananda memiliki sikap yang baik dalam nilai religious meliputi beriman, bertaqwa, bersih, toleransi, dan cinta lingkungan |
CUKUP |
Ananda memiliki sikap yang cukup baik dalam nilai religious meliputi beriman, bertaqwa, bersih, toleransi, dan cinta lingkungan |
KURANG |
Ananda memiliki sikap yang kurang dalam nilai religious meliputi beriman, bertaqwa, bersih, toleransi, dan cinta lingkungan |
NASIONALIS
SANGAT BAIK |
Ananda memiliki sikap yang sangat baik dalam nilai nasionalis, meliputi sikap rela berkorban, tenggang rasa, menjunjung tinggi nilai kemanusiaan, dan bangga sebagai bangsa Indonesia. |
BAIK |
Ananda memiliki sikap yang baik dalam nilai nasionalis, meliputi sikap rela berkorban, tenggang rasa, menjunjung tinggi nilai kemanusiaan, dan bangga sebagai bangsa Indonesia. |
CUKUP |
Ananda memiliki sikap yang cukup baik dalam nilai nasionalis, meliputi sikap rela berkorban, tenggang rasa, menjunjung tinggi nilai kemanusiaan, dan bangga sebagai bangsa Indonesia. |
KURANG |
Ananda memiliki sikap yang kurang dalam nilai nasionalis, meliputi sikap rela berkorban, tenggang rasa, menjunjung tinggi nilai kemanusiaan, dan bangga sebagai bangsa Indonesia. |
MANDIRI
SANGAT BAIK |
Ananda memiliki sikap yang sangat baik dalam nilai mandiri, meliputi kerja keras, kreatif, disiplin, berani, dan pembelajar dalam segala aspek mata pelajaran. |
BAIK |
Ananda memiliki sikap yang baik dalam nilai mandiri, meliputi kerja keras, kreatif, disiplin, berani, dan pembelajar dalam segala aspek mata pelajaran. |
CUKUP |
Ananda memiliki sikap yang cuku baik dalam nilai mandiri, meliputi kerja keras, kreatif, disiplin, berani, dan pembelajar dalam segala aspek mata pelajaran. |
KURANG |
Ananda memiliki sikap yang kurang dalam nilai mandiri, meliputi kerja keras, kreatif, disiplin, berani, dan pembelajar dalam segala aspek mata pelajaran. |
GOTONG ROYONG
SANGAT BAIK |
Ananda memiliki sikap yang sangat baik dalam nilai gotong royong meliputi kerja sama, solidaritas, saling menolong, dan kekeluargaan |
BAIK |
Ananda memiliki sikap yang baik dalam nilai gotong royong meliputi kerja sama, solidaritas, saling menolong, dan kekeluargaan |
CUKUP |
Ananda memiliki sikap yang cukup baik dalam nilai gotong royong meliputi kerja sama, solidaritas, saling menolong, dan kekeluargaan |
KURANG |
Ananda memiliki sikap yang kurang dalam nilai gotong royong meliputi kerja sama, solidaritas, saling menolong, dan kekeluargaan |
"Ananda mulai terbuka dan lebih banyak mengalah saat berselilih dengan teman sekelas"
"Ananda masih sering terlambat datang ke kelas dengan alasan yang sama, semoga semester depan bisa lebih disiplin"
"Ananda mulai menunjukkan sikap disiplin dan lebih banyak mengahabiskan waktu belajar"
"Ananda selalu menunjukan sikap dewasa dan mampu memimpin teman-teman sekelasnya"
"Ananda belum bisa membuat keputusan sendiri, dan lebih banyak mendengarkan pendapat teman-temannya ketika ujian sekalipun"
"Ananda sangat mandiri dalam segala hal, untuk itu akan lebih bagus jika ananda bisa aktif diorganisasi tertentu"
"Ananda tidak menunjukan perubahan sikap yang signifikan, namun usahanya untuk berubah mulai terlihat"
"Ananda cukup kesulitan mengikuti pembelajaran dari awal hingga akhir, dan lebih sering tidur ditengah proses pembelajaran"
"Ananda memiliki semangat belajar di atas rata-rata, namun masih ragu-ragu mengutaran pendapat dan pertanyaan pada pendidik"
"Ananda memiliki sikap humoris yang kadang tidak bisa dikontrol dan cenderung mengganggu proses pembelajaran"