Jawaban Tugas Aktivitas 1 – Implementasi Desain Universal
Halo semuanya, mimin saat ini sedang mengikuti BIMTEK Pengelolaan Pembelajaran di Sekolah Penyelenggara Pendidikan Inklusif yang bisa dikuti oleh guru yang memiliki akun SIMPKB.
Adapun salah satu bagian
dari BIMBEK, mimin diminta menjawab soal berikut:
Tugas Aktivitas 1 – Implementasi Desain Universal
Pelatihan – Angkatan 1 Desain Universal untuk Pembelajaran Aktivitas 1 – Desain
Universal Tugas Aktivitas 1 – Implementasi Desain Universal
Setelah melakukan aktivitas 1, menurut Anda hal apa saja yang perlu
dipertimbangkan jika kita ingin mengimplementasikan konsep desain universal
untuk pembelajaran?
1. Jelaskan jawaban Anda dalam bentuk mind map, flowchat, poster, infografis
atau bentuk visual lainnya, kemudian mengunggahnya di media sosial
2. Gunakan hastag #GBBPPSPPI #PendidikanInklusif
3. Dapatkan 2 komentar di post.
4. Lampirkan link post tersebut pada kolom berikut!
Lalu klik tombol di kanan bawah untuk mengirim jawaban!
Unggah link post media sosial
Jawaban Saya adalah:
Ada 3 Prinsip panduan UDL (UNIVERSAL DESIGN FOR LEARNING ), yaitu;
👉Multiple means of engagement, maksudnya kita harus menyiapkan berbagai cara agar peserta didik memiliki keterlibatan untuk mendukung pembelajaran afektif. Contohnya, melibatkan peserta didik guna merangsang minat dan memotivasi dalam belajar melalui kegiatan seperti pembelajaran kolaboratif, permainan dan simulasi, nyata dan virtual.
👉Multiple means of representation, maksudnya kita harus menyiapkan berbagai sarana yang representatif (bisa mewakili) untuk mendukung cara kita memberikan makna pada pembelajaran. Contohnya, menyediakan konten melalui berbagai cara, seperti diskusi, bacaan, teks digital, dan presentasi multimedia.
👉Multiple means of action and expression, Maksudnya kita harus menyiapkan berbagai sarana tindakan dan ekspresi sebagai upaya dalam mendukung cara belajar yang strategis dengan cara memberikan kesempatan kepada peserta didik untuk menunjukkan pemahaman mereka dalam berbagai cara seperti melalui tes atau makalah, melalui seni, presentasi multimedia, dan rekaman digital.